Event

Event
Kegiatan mahasiswa yang akan, sedang, dan telah dilakukan.

Info dan Pengumuman

Info dan Pengumuman
Info tentang organisasi, anggota, majelis ilmu, dan berita eksternal lainnya.

Wahana Berpendapat

Wahana Berpendapat
Silahkan menyampaikan saran, kritik, dan pendapatnya.

cover photo

cover photo

Nilai, Kebudayaan, dan Semangat Perubahan

| Saturday, April 21, 2012



Oleh : Fasa Aditya
Biologi : 2009

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa kebudayaan merupakan unsur penting dalam membangun suatu peradaban. Berbicara kata kebudayaan disini tidak hanya sebatas kata “budaya” yang seperti kita kenal bersama, seperti budaya reog, budaya jaipong, budaya membatik dan lain sebagainya.  Berbicara mengenai budaya disini merupakan suatu nilai-nilai luhur yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sehingga akan 
berguna dalam membentuk karakter warga negara Indonesia dalam menghadapi era teknologi informasi yang tumbuh dengan cepat.

Kemajuan teknologi informasi yang begitu cepat dapat memberikan efek kerusakan moral dan kepribadian yang buruk pada setiap masyarakatnya. Dengan latar belakang tersebut, maka orang-orang tersadarkan akan pentingnya suatu etika dalam kehidupan sehari-hari dimana industri dan teknologi tidaklah cukup untuk mencapai suatu kesuksesan. Dengan era dan jaman yang telah berubah maka setiap orang wajib untuk mempersiapkan diri utuk menghadapi era tersebut.

Negara Indonesia telah banyak berganti sistem dan pemimpin. Hasilnya adalah tidak menghasilakan suatu perbuahan yang signifikan dalam perkembangan negara Indonesia. Hal tersebut karena negara ini tidak membangun kepribadian dan budaya dari rakyatnya. Suatu penelitian menyebutkan bahwa 80% kesuksesan seseorang adalah karena kepribadianya yang bagus dan sisanya adalah wawasan yang luas dan kecerdasannya yang tinggi.

Negara indonesia merupakan negara yang pandai dalam mengkonsep suatu strategi. Akan tetapi pada saat eksekusinya tidaklah baik. Eksekusi yang tidak baik disebabkan oleh sumber daya manusia yang kurang baik. Sumber daya manusia  yang kurang baik disebabkan oleh semangat orang-orangnya untuk melaksanakan konsep tersebut masih sangatlah kurang. Semangat tersebut dapat dibangun oleh suatu kebanggaan pada instansinya. Kebanggan tersebut dapat dibangun melalui budaya masyarakatnya. Dengan kebanggaan yang tinggi tersebut dapat menstimulus orang untuk dapat menjadi yang terbaik.

Dalam mencapai targetan untuk menjadi negara maju, setiap negara akana mengalami entropi atau hambatan. Entropi dapat dianalogikan sebagai mobil yang pada awalnya dalam 1 liter dapat mencapai 10 kilometer pada realisasinya hanya dapat menempuh 5 kilometer dalam 1 liternya. Hal tersebut karena karburatornya yang terhambat atau  onderdilnya yang sudah tua. Nilai entropy yang mencapai 50% dalam suat masyarakatnya dapat menyebabkan keruntuhan negara tersebut. Untuk menilai suatu entropy dapat di hitung berdasarkan 4 aspek yakni Karakter leadeship, value, dan sistem.

Dari keempat aspek tersebut, tidak bisa dijalankan secara satu persatu.contohnya adalah leadership tidak bisa berdiri sendiri. Banyak orang yang memiliki leadership yang baik akan tetapi kepribadiannya buruk. Hal tersebut dapat membahayakan bagi negara Indonesia. Akan tetapi, celakannya negara Indonesia hanya membangun leadershipnya tanpa membangun kepribadiannya.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © 2010 Al-Hayaat | Design by Dzignine